Selasa, 08 April 2014

misteri malaikat 2




Misteri Malaikat---2

Allah menginginkan manusia untuk menjaga ciptaanNya yang lain.

Sudah dari mulanya Allah itu agung, yang artinya yaitu bahwa Allah itu bertahkta dan berkuasa atas semua yang ada di dalam alam semesta.

Keluaran 25 berisi tentang Perintah Allah kepada Musa untuk membuat“ Tabut Perjanjian “.

Pada salah satu sisi tabut - terdapatlah Si Penghulu malaikat, Lucifer, dimana sayapnya terbentang menutupi tabut perjanjian Allah tersebut.

Kita dapat membaca hal – hal tentang malaikat dalam bab pertama kitab Ibrani.

Bab ini berbicara tentang Yesus.Ibrani 1:3-10

3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firmanNya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yuang tinggi,
4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat - malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepadaNya jauh lebih indah dari pada nama mereka.
5 Karena kepada siapakah di antara malaikat - malaikat itu pernah Ia katakan : “AnakKu Engkau ! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini ?” dan “ Aku akan menjadi BapaNya, dan Ia akan menjadi AnakKu ?”
6 Dan ketika Ia membawa pula anakNya yang sulung ke dunia, Ia berkata: “ Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.”
7 Dan tentang malaikat - malaikat Ia berkata: “ Yang membuat malaikat - malaikatNya menjadi badai dan pelayan - pelayanNya menjadi nyala api.”
8 Tetapi tentang Anak Ia berkata : “ TakhtaMu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaanMu adalah tongkat kebenaran.”
9 “ Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan: sebab itu Allah, AllahMu telah mengurapi Engkau, dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman - teman sekutuMu.”
10 Dan: “ Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tanganMu.

13 Dan kepada siapakah di antara malaikat itu pernah Ia berkata : “ Duduklah di sebelah kananKu, sampai Kubuat musuh - musuhMu menjadi tumpuan kakiMu ?”
14 Bukankah mereka semua adalah roh - roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan ?


Walaupun manusia diciptakan sedikit lebih rendah daripada kaum malaikat, tetapi nantinya manusia akan memiliki potensi yang jauh lebih besar dari kaum malaikat, karena manusia merupakan Anak - Anak Allah, dan Yesus Kristus adalah yang tersulung diantara saudara – saudaraNya. ( cari ayatnya ). Bacalah Ibrani bab 2 dan 7

Pada Ibrani bab 3, kita akan mengetahui bahwa manusia - manusia dapat menjadi Anak - Anak Allah, hanya saja mereka belum dilahirkan.

Bukti bahwa kaum malaikat diciptakan sebelum adanya ciptaan yang berbentuk materi dapat kita baca pada Ayub 38:1-7, dimana para malaikat berseru gembira ketika Allah menciptakan Bumi.Ayub 38:1-7

1 Maka dari dalam badai Tuhan menjawab Ayub
2 “ Siapakah dia yang menggelapkan keputusan dengan perkataan - perkataan yang tidak berpengetahuan ?
3 Bersiaplah engkau sebagai laki - laki ! Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku.
4 Dimanakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi ? Ceritakanlah, kalau engkau mempunyai pengertian !
5 Siapakah yang telah menetapkan ukurannya ? Bukankah engkau mengetahuinya ? - Atau siapakah yang telah menentangkan tali pengukur padanya ?
6 Atas apakah sendi - sendinya dilantak, dan siapakah yang memasang batu penjurunya
7 pada waktu bintang - bintang fajar bersorak - sorak bersama - sama, dan semua anak Allah bersorak - sorai ?


Malaikat adalah makhluk yang tak tampak, dan abadi yang disertai dengan kekuatan dan pengetahuan yang lebih tinggi dari manusia ( II Petrus 2:11 ).II Petrus 2:11

11 padahal malaikat - malaikat sendiri, yang sekalipun lebih kuat dan lebih berkuasa daripada mereka, tidak memakai kata - kata hujat, kalau malaikat - malaikat menuntut hukuman atas mereka di hadapan Allah.


Mereka telah melihat semua aktivitas manusia di Bumi, karenanya mereka lebih mengetahui hal – hal tentang manusia dan segala ilmu pengetahuannya, seperti ilmu psikologi, ilmu sosiologi, ilmu pasti, dan semua bidang seni lainnya.

Mereka jauh lebih pandai dibanding dengan semua manusia yang pernah hidup, dan yang masih hidup.

Malaikat menanggung suatu misi yang amat penting dalam melaksanakan perintah Allah bagi umat manusia.

Mereka membantu manusia - manusia yang akan mendapat keselamatan dari Allah.

Utusan - Utusan Allah
yang Tidak Tampak

Allah menggunakan malaikat - malaikatNya untuk mengawasi / menjaga serta melindungi jemaatNya.Wahyu 1:4, 16, 20

4 Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat yang di Asia Kecil: Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhtaNya,

16 Dan ditangan kananNya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulutNya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajahNya bersinar - sinar bagaikan matahari yang terik.

20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kananKu dan ketujuh kaki dian emas itu :ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat.”


 Wahyu 2:1, 8, 12, 18

1 “ Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kananNya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.

8 “ Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:

12 “ Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:

18 “ Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mataNya bagaikan nyala api dan kakiNya bagaikan tembaga:


 Wahyu 13:1, 7, 14

1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; diatas tanduk - tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama - nama hujat

7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang - orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.

14 Ia menyesatkan mereka yang diam di Bumi dengan tanda - tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukan di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di Bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka, oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

( berlanjut 1-17 )

Prepared by:
FULL GOSPEL INDONESIA
Bambang Wiyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar