Senin, 08 Desember 2014

9. Mengabaikan Tubuh Anda




                   “Atau tidak tahukah kamu bahwa tubuhmuadalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu…karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu dan rohmu yang adalah milik Allah.”
                                                                                                            I Koritus 6:19-20
                    Tubuh jasmani Anda adalah setelah Anda di bumi. Sementara Anda berada di bumi, tubuh Anda adalah bait Roh Kudus, “Rumah” dimana hadirat Allah tinggal.
                   Perlu sekali bagi Anda untuk makan diet yang seimbang dan mendisiplindiri Anda untuk memakan makanan yang akan mendukung kita untuk menjadi pengurus yang baik dari tubuh kita makan. Kebiasaan makan yang tidak tepat dapat menghalangi kesembuhan. Alkitab berkata :
          “Karena itu, baik kamu makan, atau apa pun yang kamu lakukan, lakukanlah semuanya untuk kemuliaan Allah.”
                                                                                                I Koritus 10:31
                    Bila Anda makan satu potong pastel kemiri tiap kentang, maka tidak terletakkan lagi Anda akan mengalami kelebihan berat badan yang dapat menimbulkan serangan jantung, penyakit punggung dan penyakit-penyakit lainnya. Tubuh itu telah dibeli dengan satu harga.Dengan kebiasaan makan yang tepat, kita memuliakan Allah dengan tubuh kita.Jangan merasa bahwa Anda harus makan segala sesuatu yang ada di hadapan Anda pada saat makan malam.Perut Anda bukanlah ilah Anda.
                   Kurang istirahat merupakan penyalahgunaan tubuh.Alkitab berkata:

                   “Lalu ia berkata kepada mereka: “Marilah ke tempat yang sunyi supaya kita sendirian dan beristirahatlah seketika!” karena memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat.”
                                                                                                            Markus 6:31
                  
                   Yesus perlu beristirahat, demikian pula kita tidak bisa tidak harus memelihara tubuh kita, menyediakan waktu untuk beristirahat dan rekreasi sehingga kita dapat ikut dalam perlombaan.
                  
                   “Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan semua pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan Allahu.”
                                                                                                            Keluaran 20:9-10
                  
                   Rekan sekerja Paulus, Epafroditus hampir mati karena iamengabaikan tubuhnya. Jelas bahwa Paulus memiliki pelayanan kesembuhan, namun ia tidak berbicara mengenai kurangnya iman ketika menggambarkan sakit yang diderita Epafroditus, ia juga tidak menyebutkan dosa tertentu dalam kehidupan Epafroditus. Sebaliknya, ia menunjukkan bahwa mengabaikan tubuh merupakan penyebab sakitnya Epafroditus.
                       
                   “Epafroditus…rindu kepada kamu semua dan sedih hatinya karena kamu mendengar bahwa ia sakit.Karena ia memang sakit dan hampir mati, namun Allah mengasihani dia dan bukan hanya dia melainkan aku juga, supaya dukacita jangan bertambah…karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam pelayananmu kepadaku.”
                                                                                                Filipi 2:25-27,30
         
                    Nampaknya Paulus dengan lembut menegur jemaat di Filipi dengan berkata bahwa kalau saja orang-orang melakukan bagian mereka, Epafroditus tidak perlu bekerja begitu keras.Epafroditusterpaksa memenuhi “apa yang masih kurang dalam pelayananmu kepadaku,” Kata Paulus.
                   sementaraAnda membaca ini, Anda akan tahu di dalam hati bahwa ada perubahan-perubahan yang harus Anda lakukan. Tidaklah cukup sekedar mengetahui perubahan-perubahan yang dibutuhkan.Mempelajari buku-buku dan kaset-kaset mengenai hidup yang sehat serta diet yang tepat itu bermanfaat, namun itu tidak cukup. Jangan menunggu hal itu terjadi, jadi bertindaklah dan lakukanlah apa yang Anda tahu harus dilakukan. Mintalah kepda Roh Kudus untuk menolong Anda pula dalam bidang ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar