Senin, 08 Desember 2014

17. Berdosa Terhadap Allah



“Sebenarnya dilaporkan bahwa ada immoralitas seksual di antara kamu dan immoralitas seksual seperti ini bahkan tidak terdapat di antara orang-orang kafir yaitu bahwa ada orang yang hidup dengan istri ayahnya! Di dalam nama, Tuhan kita Yesus Kristus, ketika kamu berkumpul bersama, bersama rohku, dengan kuasa Tuhan kita Yesus Kristus, orang seperti itu kita serahkan kepada setan supaya dagingnya dihancurkan, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan Yesus.”
                                                                                                            I Koritus5:1,4-5
                  
                   Ini adalah kasus yang jarang terjadi.Namun bila orang-orang terus hidup dalam dosa yang menyolok meskipun telah diberi peringatan dan kesempatan untuk bertobat, kepada setan dapat diberikan kebebasan untuk menghancurkan daging mereka supaya roh mereka diselamatkan.
                        Disini, salah seorang anggota jemaat di Koritus melakukan incest dengan istri ayahnya. Gereja mengkonfrontir situasi ini, membuat Paulus tidak memiliki pilihan selain menegurnya melalui surat.
                   Penyakit yang diderita orang itu menjadi demikian parah sehingga putus asa dengan hidupnya. Ketika Paulus menulis surat yang kedua kepada orang-orang Koritus, ia membahas hal yang sama, namun kali ini ia memohon belas kasihan bagi orang itu. Rupanya, orang itu tidak tahan menerima hukuman ni hingga para penatua gereja juga mengampuni dia.

                   “Bagi orang yang demikian sudahlah cukup tegoran dari sebagian besar dari kamu sehingga kamu sebaliknya harus mengampuni dan menghibur dia, supaya ia jangan binasa oleh kesedihan yang terlampau berat.”
                                                                                                            II Koritus 2:6-7
         
                   Dalam situasi seperti yang digambarkan di sini, orang yang sakit terlebih dahulu harus bertobat di hadapan Allah dan memohon pengampunan-Nya. Kemudian ia harus bertobat di hadapan gereja dan mohon pengampunan jemaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar