Kamis, 22 Mei 2014

Henok & Elia Bag. 10 (habis)



( 10 ) habis
Pada saat meninggalkan gunung Yesus berkata kepada murid - muridNya :
Matius 17:9
9 Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: "Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati."
Sebuah penglihatan bukanlah suatu kenyataan fisik yang nyata, melainkan penglihatan adalah sebuah gambaran supernatural yang dapat ditangkap oleh mata.
Musa meninggal dan dikuburkan.
Ulangan 34:5-6
5 Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.
6 Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.
Baik Musa maupun Elia masih tetap meninggal di dalam kubur mereka, tetapi di dalam penglihatan mereka bersama - sama dengan Yesus terlihat di dalam agungnya peristiwa kebangkitan, sebuah peristiwa yang belum benar - benar di alami oleh Musa dan Elia.
Ibrani 11:39
39 Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik.
Penglihatan tersebut diperuntukkan bagi murid - muridNya setelah Yesus berbicara tentang keagungan hidup abadi di dalam kerajaan Allah yang akan datang.
Seorang Elia yang akan datang
Satu - satunya tulisan di Alkitab yang mungkin membingungkan orang - orang adalah
Malakhi 4:5-6
5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.
Nubuatan yang hanya dipahami oleh sedikit orang saja ini mengarah kepada periode waktu yang terjadi sebentar saja sebelum Allah mencampuri urusan hidup manusia, yang di dalam nubuatan disebut "Hari TUHAN".
Yesus berbicara tentang nubuatan ini di dalam Matius 17.
Ia menunjukkan bahwa pekerjaan Yohanes Pembaptis sebagai suatu tahap awal pemenuhan nubuatan Malakhi.
Matius 17:10-13
10 Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?"
11 Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu
12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka."
13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.
Lukas juga terinspirasikan untuk menulis tentang pekerjaan Yohanes :
Lukas 1:17
17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."
Lukas berkata bahwa Yohanes berada di dalam roh dan kekuatan Elia, tetapi ia bukanlah Elia sendiri.
Elia yang dimaksud telah meninggal ratusan tahun yang lalu.
tetapi Yohanes Pembaptis dikuatkan oleh roh yang sama, yang telah menuntun Elia dalam memimbing Israel kedalam jalan Allah dan Yohanes pun juga memiliki misi yang sama.
Dan Kristus berkata bahwa Elia juga tetap akan datang , walaupun Yohanes Pembaptis telah meninggal.
Jadi sama seperti Yohanes Pembaptis yang adalah merupakan orang yang pertama kali harus datang terlebih dahulu sebelum Kristus datang kedunia untuk pertama kalinya, maka Elia yang lain pun juga harus muncul kembali ke dunia sebelum Kristus datang ke dunia untuk kedua kalinya "Hari TUHAN".
Ia, sama seperti Yohanes Pembaptis, akan datang dengan roh dan kekuatan Elia untuk memenuhi misi yang tertulis di dalam Malakhi.
Malakhi 4:5-6
5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.
Dunia pada saat Kristus berada di bumi tidak mengenal Yohanes sebagai orang yang datang dengan roh dan kekuatan Elia. Dan demikian pulalah orang yang hidup pada saat ini, tidak mengenali orang yang mana dikirim oleh Allah dengan diperlengkapi roh dan kekuatan Elia sebentar sebelum hari kesesakan TUHAN, ketika Yesus Kristus di dalam kitab perjanjian baru akan mencampuri urusan manusia di dunia dengan mendirikan pemerintahan Allah di dunia.
Betapa jelasnya Alkitab.  Elia sekarang meninggal dan menunggu saat kebangkitan.
Elia, yang beberapa saat setelah pengangkatannya meninggal, tetapi yang tidak lama lagi akan bangkit dan hidup selamanya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar