Kamis, 22 Mei 2014

Henok Dan Elia Bag. 1 (awal)



Dimanakah Henokh dan Elia ?

Living Church of God
P.O. Box 3810
Charlotte, NC 28227-8010 USA

( 1 )
Walaupun Henokh telah terangkat sehingga ia tidak mengalami kematian dan Elia naik ke angkasa dengan sebuah tiupan angin, tetapi Alkitab menyatakan bahwa mereka tidak berada di surga saat ini, jadi dimanakah mereka ?
Inilah kebenaran yang menakjubkan tentang mereka.
Dimanakah Henokh ?
Sebenarnya ketika Henokh terangkat, kemanakah ia pergi ?, apakah ia secara tiba - tiba diangkat ke surga ? TIDAK, karena Yesus sendiri mengatakan : "Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia".
Disinilah Yesus dengan kata - kataNya sendiri menyatakan bahwa tidak seorang manusiapun kecuali diriNya yang telah terangkat ke surga karena hanya Dialah yang telah turun dari sorga.
Yohanes 3:13
13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah dimanakah Henokh ?
Marilah kita melihat apa yang dikatakan oleh Alkitab !
Henokh berjalan bersama - sama
dengan Allah
Pada umur 65 tahun Henokh memiliki seorang anak bernama Metusalah.
Kejadian 5:22
2 Dan Henokhh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
Disini dinyatakan dengan jelas bahwa Henokh bergaul / berjalan - jalan bersama - sama dengan Allah, hal ini menyatakan bahwa Henokh memiliki iman yang membuatnya berkenan dihadapan Allah.
Ibrani 11:6
6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
Jadi Henokh berjalan bersama - sama dengan Allah, ia patuh kepada Allah dan mengikutiNya di dalam jalan - jalanNya berdasarkan iman.
Seseorang tidak akan dapat berjalan bersama dengan Allah jikalau orang tersebut menolak kehendak Allah yang harus ia laksanakan.
Nabi Amos berkata :
Amos 3:3
3 Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?
Jadi di generasinya, Henokh adalah satu - satunya manusia yang dinyatakan mengikuti jalan - jalan Allah, walaupun hal tersebut memakan waktu selama 65 tahun (untuk berjalan bersama dengan Allah).
Tetapi berapa lamakah Henokh berjalan bersama dengan Allah ? Alkitab mengatakannya bahwa Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah.
Sekarang marilah kita menuju ke Musa, disana terdapat hal yang menarik untuk dipelajari yaitu bahwa Musa tidak mencatat Henokh masih sedang berjalan bersama Allah.
Alkitab mengatakan bahwa Henokh berjalan bersama dengan Allah selama tiga ratus tahun tepat, tidak lebih satu tahun pun.
Setelah itu Henokh sudah tidak berjalan bersama dengan Allah lagi, mengapa ?
Karena jumlah hari - hari Henokh hanyalah 365 tahun,
Kejadian 5:23
23 Jadi Henokhh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.
Jika Henokh tidak meninggal, jika ia terangkat abadi dan karenanya masih berjalan bersama dengan Allah, maka jumlah umur atau hari - harinya adalah pasti lebih dari 365 tahun tetapi di Alkitab dinyatakan denga jelas bahwa umur Henok hanyalah 365 tahun saja.
Inilah jumlah keseluruhan dari hari - hari kehidupan Henokh.
Jadi Alkitab secara jelas menyatakan bahwa hari - hari Henokh hanyalah 365 tahun dan tidak lebih.
Bukti yang lain tentang makna arti frasa kata "semua hari - harinya" bisa anda dapatkan di dalam Kejadian 5, dimana frasa kata tersebut digunakan berkali - kali dan artinya selalu sama yaitu bahwa orang yang dibicarakan hanya hidup sepanjang waktu yang telah ditentukan dan tidak lebih, setelah itu ia meninggal.
Sehingga Henokh pun juga hidup tidak lebih dari 365 tahun seperti yang dinyatakan di dalam Kejadian 5:23, dan setelahnya pastilah ia meninggal.
Tetapi bagaimanakah dengan peristiwa pengangkatannya ?
Apakah hal tersebut berarti bahwa ia tidak meninggal ?
Hal - hal diatas itulah yang sering secara ceroboh diasumsikan oleh orang - orang tanpa landasan bukti Alkitab.


Apakah yang sebenarnya terjadi pada saat
proses pengangkatan Henokh ?
Ingatlah bahwa Musa tidak menulis bahwa Henokh tidak meninggal, melainkan Musa menulis bahwa "Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah."
Kejadian 5:24
24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.
Paulus mencatat kejadian yang sama dengan mengatakan ia tidak ditemukan karena Allah telah mengangkatnya.
Ibrani 11:5
5 Karena iman Henokhh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.
Karenanya Alkitab mencatat bahwa Henokh tidak diketemukan karena Allah telah mengangkatnya.
Alkitab tidak mengatakan bahwa Henokh terangkat ke surga, melainkan Alkitab mencatat bahwa ia tidak ditemukan.
Tentu saja Henokh terangkat tetapi apakah arti sebenarnya dari kata "terangkat" atau "translated" itu ?
Kata asli untuk kata "translate" di dalam bahasa Yunani adalah "metatithemi".
Menurut Arndt Gingrich's Greek English Lexicon of the New Testament, edisi 1969, kata tersebut memiliki arti membawa ke tempat lain.........transfer" (p.514).
Kata Yunani "metatithemi" didalam Kisah Para Rasul 7:16 diterjemahkan dengan sedikit pengubahan susunan kata (di dalam bahasa Inggrisnya) menjadi "carried over" / "dipindahkan.
Kisah Para Rasul 7:16
16 mayat mereka dipindahkan ke Sikhem dan diletakkan di dalam kuburan yang telah dibeli Abraham dengan sejumlah uang perak dari anak-anak Hemor di Sikhem.
Jadi kedua kata di dalam ke dua ayat yang berbeda ini (Ibrani 11:5 dan Kisah Para Rasul 7:16) berpulang dari satu kata yang sama, hal inilah yang harus anda ketahui.
Disini kita membaca bahwa setelah Yakub meninggal, tubuhnya dipindah - diangkat -carried over - transported - translated; ke Sikhem dimana ia dikubur.
Itulah hal yang dinyatakan oleh Alkitab, Yakub telah dipindah / diangkat ke tempat penguburan.
Itulah mengapa Musa berkata bahwa Allah mengambil Henokh.
Allah memindah - translated - Henokh sehingga ia tidak diketemukan.
Allah mengambil Henokh dan menguburnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar