Jumat, 19 Juni 2015

Menyambut Yobel Besar

Oleh Hananeel Cinta

PMI
--
Matius 25: 26, 30
Saat Yobel, kita terima semua yang terbaik dari Tuhan, tapi setelah itu kita terima penilaian dari Tuhan atas apa yg kita terima.
-
Jangan sampai kita dinilai seperti hamba yg ada dlm Mat 25: 26, 30 yaitu didapati :
1. Jahat
2. Malas
3. Tidak berguna
-
Apa yg di maksud Tuhan dengan Jahat, Malas, Tidak berguna, sbb :
-
1. JAHAT (Mat 24: 45-50)
Ada orang yg menata hidupnya dg bijaksana. Mengelola berkat Tuhan dg baik, bertekun dlm berdoa dan setia membaca Firman, dan melakukan pelayanan dg setia. Ini adalah premi yang di bayar, Tuhan mendapatinya giat bekerja tidak malas. 
-
Saat Tuhan lihat kesetiaannya dan jerih lelahnya, maka Tuhan akan mengangkatnya dg luar biasa. Dlm sekejab promosi dan berkat mengalir. Dan disitulah titik ujian itu dimulai. Ujian soal waktu, ujian soal cinta mula2 kepada Tuhan, soal teladan hidup bagi orang lain, apakah saat sudah di atas, masihkah jadi berkat atau sebaliknya (Mat 24:49) memukul orang lain, tidak memberi makan org lain tapi makan minum dg pemabuk2, terseret dunia ini.
-
Banyak orang pukul orang lain dengan iri hati, marah, mengutuk, menggerutu, banyak complain. Saat hati dikuasai kemarahan, iri hati dan hal2 tsb di atas, maka semua yg jahat masuk di hati kita dan itu membuat semua jadi berubah. 
-
Seperti kita pakai kaca mata biru, maka apapun yg kita lihat jadi biru. Dan hal itu jahat di mata Tuhan. Karena itu selalu cek hati kita. 
-
Tabur kebaikan khususnya kepada musuh kita. Itu seperti menaruh bara di atas kepalanya. Berupayalah agar bisa merubah musuh menjadi teman. Itu juga berarti tidak memberi kesempatan yg jahat masuk dalam hati kita.
-
Jangan ada persaingan diantara kita, sbb semua ini punya Tuhan. Semua ini ttg Tuhan bukan ttg kita.

Ada sebuah kisah ttg seorang kakak yg kemana2 dg setia menggendong adiknya yg tubuhnya lebih besar dari dirinya sendiri. Adiknya itu cacat (lumpuh) karena itu saat si kakak ditanya, mengapa dia rela melakukan itu semua? - Si kakak menjawab, aku tidak keberatan melakukannya, karena dia adalah adikku. Jalinan kasih antar saudara membuatnya rela dan tidak merasa berat.
-
Demikian pula kita di antara saudara seiman, khususnya di pelayanan. Ada saudara2 sepelayanan yg cacat, tidak sekedar fisik, tapi cacat dalam kelakuan, suka marah dan banyak kelemahan lainnya. Kerap kali kita hrs berkorban utk sdr2 kita ini.
-
Mari kita katakan, aku mau membantunya, karena dia saudaraku. Bukakan selalu pintu maaf. Katakan saudaraku yg cacat itu 1 tubuh denganku. Jgn marah. Tetaplah unity. Jangan ada yg jahat masuk dalam hidup kita, sehingga berkat Yobel tidak sampai pada kita.
-
MEMBERI MAKAN
Tidak memberi makan adalah saat saudara kita butuh, kita tidak mau tahu, padahal kita mampu menolongnya.
-
MENJADI BESAR
Ada resiko saat kita menjadi besar. Ada banyak hal terjadi. Jangan sakit hati.
-
2. MALAS
Jangan ada kemalasan
Malas perang, malas doa, malas baca Firman, malas melakukan yg rohani.
-
Setiap hari ada jatah yang Tuhan beri. Saat kita malas kita kehilangan jatah itu.
Roh mengendalikan segala sesuatu. Jangan pernah lupakan utk perang rohani, doling, baca Firman.
Begitu kita lepaskan semua penahan berkat, maka semua jatah yg Tuhan berikan dilimpahkan kepada kita.
-
Yang rohani menciptakan yg jasmani. Tapi jangan lupa kita tidak boleh malas dengan yg jasmani. Harus seimbang jasmani dan rohani. JANGAN MALAS.
-
3. TIDAK BERGUNA
Tidak berguna tidak berbuah, mandul, tidak menguntungkan, tidak memberi solusi tapi membawa kekacauan.
Yesaya 48:17
-
Kalau kita hidup bergaul dengan Tuhan, maka hidup kita selalu berfaedah bagi orang lain.

PMI memberi kesaksian ttg masa kecil yg miskin. Kalau kita mau dipakai Tuhan JANGAN pernah COMPLAIN tapi selalu membantu (berfaedah). PMI memberi kesaksian ttg masa kecil yg miskin. Kalau kita mau dipakai Tuhan JANGAN pernah COMPLAIN tapi selalu membantu (berfaedah). -
Kalau kita lihat ada yg kurang, kita harus jadi faedah. Contoh kita sakit tidak ada yg bezuk. Maka ambil tindakan jadi team bezuk.
-
Pastikan kita punya kasih, kemurahan, tahan uji, kesabaran, semangat bawa jiwa bagi Tuhan.
-.
Kalau kita lihat ada yg kurang, kita harus jadi faedah. Contoh kita sakit tidak ada yg bezuk. Maka ambil tindakan jadi team bezuk.
-
Pastikan kita punya kasih, kemurahan, tahan uji, kesabaran, semangat bawa jiwa bagi Tuhan.
- Jangan sampai Tuhan katakan kita hanba tidak berguna.

Yobel besar selalu efektif. Kerjaan akan lebih banyak, semua jadi tambah sibuk, tambah tanggung jawab, dan apa yg kita punya bagikan. Kerja dengan efektif.
-
GBU. Singkatan PIM itu Bu Iin Tjipto.PAP itu Pak Petrus Agung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar