Minggu, 29 Maret 2015

ALLAH ITU TUNGGAL BUKAN TRITUNGGAL

di susun oleh pengamat rohani



Yesus itu adalah Alpa dan Omega, perhatikan ayat-ayatnya sbb:
1. Why 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
2. Why 22:13 “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."
Berhubung Yesus itu adalah alpa dan omega maka berarti:
1. Yang disebutkan dengan ALLAH didalam Kej 1:1-3 tersebut tidak lain adalah Yesus sendiri.
2. Yang disebutkan dengan MELKISEDEK didalam Kej 14:18 tersebut tidak lain adalah Yesus sendiri
3. Yang disebutkan dengan YHWH didalam Kel 3:14 tersebut tidak lain adalah Yesus sendiri.
Kalau Yesus itu adalah alpa dan omega, lalu siapakah Yesus itu?
Jawabannya yaitu Yesus itu adalah TUHAN, ALLAH sendiri yang menjelma menjadi manusia, dan didalam diri Yesus (TUHAN, ALLAH) ada 2 unsur yaitu firman dan Roh, Firman dan Roh tersebut tidak boleh disebut sebagai 2 pribadi Yesus, dan juga tidak boleh disebut sebagai Yesus (Tuhan, Allah) yang TRITUNGGAL.
Untuk dapat memahami secara tepat dan benar mengenai apakah Allah (Yesus) itu TRITUNGGAL ataukah TUNGGAL marilah kita uji memakai Kej 1:1-3 yang berbunyi sbb:
ayat 1
Pada mulanya ALLAH menciptakan langit dan bumi.
ayat 2
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan ROH ALLAH melayang-layang di atas permukaan air.
ayat 3
Ber-FIRMAN-lah ALLAH: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
Pada ayat 1 terdapat kata "ALLAH"
Pada ayat 2 terdapat kata "ROH ALLAH"
Pada ayat 3 terdapat kata "FIRMAN ALLAH."
Mari kita lihat ke Kej 1:1-3 tersebut, apakah adakah disitu terlihat dan tersirat adanya ALLAH TRITUNGGAL ataukah hanya ALLAH TUNGGAL saja?
Baiklah saya ambil sebuah contoh pada diri seorang oknum manusia yang bernama Bambang.
Oknumnya sudah jelas yaitu MANUSIA, lalu kemudian oknum MANUSIA tadi diberi nama BAMBANG.
Didalam diri oknum manusia yang bernama Bambang tadi ada 2 unsur, yaitu FISIK dan PSIKIS.
Pertanyaan:
1. Apakah fisik si Bambang dapat disebut pribadi lain? Jawabannya: TIDAK
2. Apakah psikis si Bambang dapat disebut pribadi lain? Jawabannya: TIDAK
3. Apakah si Bambang dapat disebut memiliki 3 pribadi? Jawabannya: TIDAK
4. Apakah berhubung si Bambang tadi ada mempunyai fisik dan psikis lalu si Bambang bisa disebut si Bambang yang TRITUNGGAL? Jawabannya: TIDAK.
Tetapi yang BENAR ialah oknum (MANUSIA) yang bernama Bambang adalah TUNGGAL.
Nah, apakah masih adakah orang yang berani mengatakan bahwa oknum manusia yang bernama si Bambang itu TRITUNGGAL?
Demikian pula halnya dengan Allah.
Oknumnya sangat jelas yaitu Allah. Oknum Allah tadi diberi nama YESUS.
Didalam diri Allah yang bernama Yesus tadi terdapat 2 unsur yaitu Roh dan Firman.
Pertanyaan:
1. Apakah berhubung didalam diri Yesus (Allah) tadi ada Roh dan Firman lalu Yesus (Allah) bisa disebut sebagai Yesus (Allah) yang TRITUNGGAL? Jawabannya: TIDAK.
2. Apakah Yesus (Allah) dapat disebut memiliki 3 pribadi? Jawabannya: TIDAK
---------------
Selama ini kita sering mendengar khotbah dari para pendeta yang mengatakan bahwa Yesus itu hanya Firman saja.
Padahal sesungguhnya Yesus itu bukan hanya Firman saja tetapi Ia juga adalah ROH KUDUS, sebab FIRMAN dan ROH KUDUS itu adalah suatu kesatuan yang tak terpisahkan, sehingga dimana ada FIRMAN maka disitu pasti ada pula ROH KUDUS, yaitu ibarat sebuah koin 2 sisi, koinnya sendiri ialah Yesus, dan kedua sisi koinnya ialah Firman dan Roh Kudus, koinnya cuma 1 saja (tunggal) tetapi sisinya ada 2 (dua).
Kalau Yesus itu hanya Firman saja maka berarti Yesus itu hanya benda mati saja, bukan hidup.
Berhubung adanya kekeliruan dan kesalahan dalam doktrin mereka yang sudah ribuan tahun telah mengatakan bahwa Yesus itu hanyalah Firman saja, makanya akhirnya merekapun menjadi kebingungan lalu akhirnya terjebak dalam kasus meyakini adanya 3 oknum Allah dan meyakini adanya 3 pribadi Allah, doktrin tersebut mereka namakan “ALLAH TRITUNGGAL” yaitu Allah yang mempunyai 3 pribadi.
Jadi, keliru kalau dikatakan bahwa Yesus itu hanya Firman saja, sebab yang benar ialah Yesus itu bukan cuma Firman saja, tetapi Ia juga adalah Roh Kudus, perhatikan penjelasannya pada ayat-ayat yang berikut:
1. Yesus 100% Firman, ayatnya Yoh 1:14
2. Yesus 100% Roh Kudus, ayatnya Mat 1:18
Berhubung didalam diri Yesus juga ada unsur Firman dan Roh maka berarti unsur-unsur yang ada didalam diri Yesus itu sama persis (mirip) dengan unsur-unsur yang ada didalam diri Allah, yaitu didalam diri Yesus juga terdapat Firman dan Roh, sedangkan didalam diri Allah juga terdapat Firman dan Roh.
Nah, kalau unsur-unsur yang ada didalam diri Yesus juga sama (mirip) dengan unsur-unsur yang ada didalam Allah, lalu siapakah Yesus itu, dan siapakah Allah itu? Jawabannya ialah Yesus dan Allah adalah oknum yang sama, sebab ALLAH (Bapa) tersebut adalah oknumnya, sedangkan YESUS adalah nama yang seberikan kepada oknum Allah (Bapa) tadi.
Jadi sangatlah jelas bahwa Allah (Bapa) itu adalah oknumnya, sedangkan Yesus adalah nama yang diberikan kepada oknum Allah (Bapa).
Dengan demikian maka oknum ALLAH (Bapa) tadi nama ialah YESUS. Itulah sebabnya sehingga Allah dan Yesus itu adalah oknum yang sama yaitu oknum ALLAH.
Lalu apakah adakah ayatnya yang mengatakan bahwa Allah (Bapa) itu bernamanya Yesus? Ayatnya ada yaitu terdapat didalam Yoh 17:11-12, dan bandingkan pula dengan Yoh 1:1-2.
Itulah maksud dari perkataan Yesus didalam ayat-ayat berikut:
1. Yoh 14:11 “Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;”
2. Yoh 10:30 “Aku dan Bapa adalah satu. "
Dengan demikian maka Yesus itu 100% adalah Tuhan, Allah yang menjelma menjadi manusia, dan didalam diri Yesus (Tuhan, Allah) terdapat Roh Allah dan Firman Allah, sehingga Ia disebut TUHAN YESUS KRISTUS.
Kepana Ia disebut TUHAN YESUS KRISTU? Karena TUHAN YESUS KRISTUS, artinya ialah:
TUHAN = Bapa, Allah.
YESUS = Anak, Firman Allah.
KRISTUS = Roh Kudus, Roh Allah
Itulah latar belakang sehingga amanat agung Yesus berbunyi: Baptislah mereka dalam nama “Bapa dan Anak dan Roh Kudus” dan bisa juga dalam nama “Tuhan Yesus Kristus.”
Nah, apakah masih beranikah kita katakan bahwa TUHAN YESUS KRISTUS itu TRITUNGGAL? Jawabannya TIDAK BERANI. Sebab semua orang di dunia sudah tahu kalau Tuhan Yesus Kristus itu adalah TUNGGAL, bukan TRITUNGGAL.
Namanya saja menjelma menjadi manusia, tentu saja seluruh proses penjelmaan tadi harus sama persis (mirip) dengan proses yang sudah lazim berlaku bagi setiap manusia, prosesnya tidak boleh berbeda dengan proses yang terjadi pada setiap manusia biasa, prosesnya yaitu mulai dari mengandung dahulu, kemudian dilahirkan, hidup mulai dari bayi, lalu kemudian dewasa, selanjutnya mati, lalu bangkit, dan naik ke sorga.
Jadi, yang disebutkan dengan Tuhan, Allah, Bapa, YHWH, Yehowa, Melkisedek, Firman, Anak, Roh Kudus, Roh Penolong, Roh Penghibur tersebut tidak lain adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri, sebab Yesus adalah alpa dan omega.
Itulah latar belakang keluarnya ayat-ayat yang berikut:
1. Kis 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia (Yesus), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."
2. Flp 2:9-11 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!
3. 1Yoh 5:5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?
4. Yoh 14:6 “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”
5. Mat 28:18 "Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
Dengan demikian maka tidak seorangpun dapat masuk ke sorga kalau tidak dijemput oleh Yesus sendiri, ayatnya:
1. Yoh 14:3 “Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.”
2. 1Tes 4:16 “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;”
3. Yoh 6:39 ”Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.”
Bagaimana dengan adanya kata-kata jamak yang sering diucapkan oleh Yesus, misalnya kata: “Bapa, Dia, Kita, kepada-Nya, kepada-Mu, dll tersebut? Untuk menjawabnya maka kita harus kembali lagi kepada contoh si Bambang tadi.
Si Bambang itu punya fisik dan psikis.
Si Bambang ingin menulis sebuah surat.
Surat tersebut ditulis oleh si Bambang menggunakan fisik dan psikisnya. Surat tersebut tidak dapat selesai kalau cuma pakai fisik saja.
Si Bambang berkata kepada fisik dan psikisnya "Mari KITA menulis surat"
Maka mulailah fisik si Bambang memegang polpen lalu psikis si Bambang menyusun kata-katanya.
Akhirnya selesailah penulisan surat tersebut oleh si Bambang memakai fisiknya dan psikisnya
Demikian pula halnya ketika Allah menciptakan langit dan bumi beserta isinya.
Allah menggunakan firman-Nya dan Roh-Nya (baca Kej 1:1-3) untuk menyelesaikan penciptaan langit dan bumi beserta isinya, sehingga segalanya selesai dengan baik, oleh karena itu jangan heran kalau faktanya bahwa isi langit dan bumi ini ada unsur fisik dan ada pula unsur roh.
Keterangan:
Bambang = Yesus (Tuhan, Allah).
Fisik Bambang = Firman Allah.
Psikis Bambang = Roh Allah.
Itulah makna dari kata-kata jamak yang sering diucapkan oleh Yesus, misalnya kata jamak: “Bapa, Dia, Kita, kepada-Nya, kepada-Mu, dll” tersebut.
----------------
Dan yang harus diingat bahwa apabila terjadi kesalahan/ kekeliruan dalam memahami siapa itu TUHAN, ALLAH, maka dampaknya akan sangat besar bagi keselamatan umat manusia di dunia.
Pengalaman saya dulu, yaitu setelah saya mendengar adanya ajaran ALLAH TRITUNGGAL dan juga ajaran bahwa ALLAH itu punya 3 pribadi, maka saya langsung saja siap-siap untuk pergi meninggalkan YESUS, sebab saya tidak mau diajak dan terjebak dalam menyembah 3 Allah.
Jadi, jangan berani main-main dengan kesemuanya ini, sebab pemahaman mengenai apakah benarkah Yesus (Tuhan, Allah) itu TUNGGAL ataukah TRITUNGGAL adalah suatu hal yang amat amat sangat menentukan bagi bisa dan tidaknya seseorang bertemu dengan Yesus di sorga.
Dan apabila anda berani merendahkan posisi/ level Yesus dan menghina Yesus dengan mengatakan bahwa Yesus itu bukan Tuhan, bahkan apalagi kalau anda sampai berani menganggap Yesus itu hanya oknum ke tiga atau oknum keempat atau pribadi kedua, atau pribadi ketiga saja di sorga, maka janganlah anda mimpi bisa ketemu Yesus di sorga.
Jadi, berhubung Yesus itu memang dari tadinya adalah Roh Kudus (mengandung dari Roh Kudus) maka janganlah heran apabila Ia kembali kepada wujud aslinya yaitu Roh Kudus lalu kemudian naik ke sorga.
Roh Kudus itulah kemudian yang turun ke dunia, dan yang sekarang sangat terkenal dengan istilah Roh Penolong dan Roh Penghibur.
Kalau begitu berarti yang disebut dengan Roh Kudus, Roh Penolong dan Roh Penghibur tersebut tidak lain adalah Yesus (Tuhan, Allah) sendiri.
Dengan demikian maka kesimpulannya ialah TUHAN, ALLAH (YESUS) itu TUNGGAL, bukan TRITUNGGAL.
Yesus memberkati, haleluya, amen.

1 komentar:

  1. Shalom. Di dalam Injil Markus 12 : 28 - 31 Yesus ( nama Ibraninya Yeshua/ ישוע ) pernah ditanya oleh seorang ahli Taurat ( Soferim/ספרים ) tentang hukum manakah yang paling utama dan dijawab oleh Yeshua dengan mengutip ayat-ayat dari Taurat yang ada di kitab Imamat 19 : 18 dan Ulangan 6 : 4 - 5.

    Aksara Ibrani, " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד. ואהבתא את יהוה אלהיך בכל לבבך ובכל נפשך ובכל מאדך ואהבתא לרעך כמוך. "

    Cara membacanya menurut peraturan tata bahasa Ibrani, " Shema Yisrael: YHWH ( Adonai ) Eloheinu, YHWH ( Adonai ) ekhad! Ve'ahavta et YHWH ( Adonai ) Eloheikha bekol levavkha uvkol nafsheka uvkol meodekha ve'ahavta lereakha kamokha. "

    Terjemahannya dengan beberapa penyesuaian, " Dengarlah, hai orang Israel: YHWH ( Adonai ) Elohim kita, YHWH ( Adonai ) itu esa. Dan kasihilah YHWH ( Adonai ) Elohimmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. "

    ( Imamat 19 : 18, Ulangan 6 : 4 - 5, Matius 22 : 37, Markus 12 : 29 - 31, Lukas 10 : 27 )
    🕎✡🐟✝🕊📖🇮🇱

    BalasHapus